Cara Merawat Hamster Untuk Pemula

Hamster yang imut dan menggemaskan sangat sesuai diadopsi sebagai fauna peliharaan. Namun, walau berukuran kecil dan tidak memerlukan perawatan yang rumit, hamster tergolong fauna yang sensitif dan rentan terhadap evolusi lingkungan. Karena itu, ada sejumlah kebutuhan esensial yang perlu anda perhatikan supaya hamster peliharaan tidak jarang kali sehat dan bersemangat.

Cara Perawatan Hamster Untuk Pemula

Inilah 7 poin urgen untuk mulai cara merawat hamster untuk para pemula menurut petpintar.com :

  1. Memilih jenis hamster

Terdapat pelbagai jenis hamster peliharaan, dengan ragam warna, bentuk, dan karakter yang unik. Beberapa jenis hamster yang tidak jarang kali menjadi pilihan, yakni chinese hamster yang imut dan melulu dapat tumbuh sampai 4 inchi, dwarf hamster berjenis roborovski dan russian yang kerdil dan menggemaskan, dan terdapat pula syrian hamster yang sangat populer, berukuran relatif besar, dan mempunyai variasi warna yang terdiri dari golden, panda, dan teddy bear. Pilihlah cocok selera kamu, namun tidak boleh lupa guna benar-benar mengenali ciri khas dan sifat mereka masing-masing.

  1. Memeriksa kesehatan hamster

Tidak ada garansi bahwa semua hamster di toko fauna peliharaan dalam situasi sehat dan bugar. Apalagi, hamster paling rentan merasakan stres sebab perpindahan lingkungan. Hingga, ada bagusnya kamu memilah hamster yang aktif main ataupun makan, dan memiliki mata serta pantat yang bersih, dan tidak basah. Perhatikan pula teman-teman hamster di kandang tersebut, bilamana ada yang sakit, pilih hamster dari kandang yang lain sebab ada bisa jadi kontaminasi. Di samping itu, usahakan anda memilih hamster berusia muda yang lebih mudah diajar dan dijinakkan, ketimbang hamster dewasa yang bisa jadi pernah merasakan trauma atau empiris buruk dengan manusia.

  1. Menyediakan kandang dan perlengkapan lainnya

merawat hamster yang benar, tips merawat hamster dengan baik, mengasuh hamster si imut yang menggemaskan, tips teknik memelihara hamster pemula, teknik memelihara hamster mini, teknik memelihara hamster supaya jinak, teknik memelihara hamster agar jinak

Karena ukuran tubuh yang kecil dan rawan dimangsa fauna lain, hamster mesti mempunyai kandang yang aman dan nyaman. Nah, sebagai berikut pertimbangan yang perlu anda perhatikan saat menyediakan kandang guna hamster kesayangan:

  • Tidak sekadar menarik, namun pun wajib fungsional dan gampang dibersihkan.
  • Memiliki ventilasi yang baik.
  • Tidak mempunyai celah yang lebih banyak dari ukuran tubuh hamster, sampai-sampai berpotensi melarikan diri.
  • Cukup lapang guna hamster berlari, bermain, dan bereksplorasi.
  • Mempunyai bagian kandang yang komplit, antara lain: dasar kandang dari materi absorben yang halus, media dahar serta minum, dan mainan.
  • Terbuat dari bahan yang tidak gampang hancur oleh keratan hanster.
  1. Pemberian santap untuk hamster

Hamster tidak melulu makan biji-bijian. Supaya segar serta bergairah, hamster juga butuh alterasi pangkal buah- buahan, protein, serta sayur- mayur. Jadi, andai hamster anda tergolong picky eater dan suka pilah-pilih makanan yang anda sediakan, usahakan anda berikan pelet yang sudah berisi pelbagai makanan, dengan nutrisi urgen dan suplemen yang ia butuhkan guna bertumbuh dan berkembang.

  1. Menjinakkan hamster

Walaupun bukan terkategori fauna yang kasar, namun hamster tidak segan- segan mengerkah dikala merasa khawatir, terkejut, ataupun terintimidasi. Nah, masalahnya, gigitan hamster tersebut sangat sakit dan dapat menyebabkan luka yang serius, lho. Jadi, usahakan anda selalu bersikap lembut dan tidak menyerahkan trauma atau empiris buruk pada hamster, supaya ia tidak jarang kali merasa tenang, dan bisa tumbuh menjadi fauna peliharaan yang jinak dan bersahabat.

  1. Menyediakan mainan hamster

Untuk mencegah jenuh dan keunggulan berat badan, hamster mesti aktif bergerak. Kamu dapat meluangkan lorong-lorong, rumah-rumahan, dan roda putar guna mereka berolahraga dan bereksplorasi masing-masing hari. Sebagai fauna pengerat, mereka pun harus mempunyai mainan guna digigiti supaya gigi mereka masih kuat dan sehat.

  1. Mengembangbiakkan hamster

Dalam mengembangbiakkan hamster, usahakan anda serahkan ke ahlinya, sebab akan memerlukan sekian banyak  pertimbangan, laksana kualitas tertentu dan temperamen hamster. Namun, andai kamu menemukan hamster yang hamil sejak mula adopsi, maka pastikan anda menyediakan makanan tambahan dan kandang yang tenang guna calon induk hamster tersebut.

Intinya, anda harus kerjakan dan berikan segala yang terbaik, sebab keputusan merawat hamster berisi konsekuensi dan tanggung jawab terhadap nyawa dan kebahagiaan mereka. Keep them healthy and happy!

Hubungi Kami

petpintar.com

[email protected]

+6281211216467

Leave a Comment